games

Panduan untuk membangun komputer gaming

Panduan untuk membangun komputer gaming Komputer gaming, pun dikenal sebagai permainan judi bola komputer, ialah komputer individu yang bisa memainkan video game yang membutuhkan tidak sedikit akun dan biaya. Mereka sangat serupa dengan komputer tradisional, kecuali bahwa mereka dilengkapi dengan kartu video yang berorientasi kinerja dan spesifikasi lainnya. Komputer jenis ini bisa dengan gampang dibeli di pasaran, namun dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada komputer konvensional. Karena mayoritas pemain mengetahui ongkos dan kinerja, banyak sekali orang memilih untuk menciptakan komputer gaming sendiri daripada melakukan pembelian komputer gaming bawaan.

Membangun PC game berarti Anda mesti melakukan pembelian semua komponen komputer secara terpisah dan lantas merakitnya bersama-sama guna memasang komputer game. Dengan cara ini, kita dapat menjangkau komputer gaming yang cepat dan hemat ongkos yang memenuhi keperluan gaming Anda. Di samping menghemat tidak sedikit uang dan mempunyai perangkat yang efektif, membina komputer juga dapat menyenangkan.

Bagaimana teknik memilih komponen Anda?

Saat membangun komputer, tantangan terbesar yang Anda hadapi mungkin memilih komponen yang tepat untuk kebutuhan Anda. Jadi, tanpa basa-basi lagi, berikut adalah panduan sederhana untuk membantu Anda membangun komputer gaming.

Central processing unit (CPU)

CPU adalah salah satu komponen terpenting dari sistem komputer mana pun. CPU adalah bagian dari sistem yang menjalankan instruksi program komputer. Sederhananya, itu bisa dikatakan otak dari komputer. Kinerja permainan dan aplikasi lain tergantung pada mikroprosesor.

Memilih CPU untuk komputer Anda bisa menjadi keputusan yang sulit. Memilih prosesor terbaru, tercepat, atau termahal di pasaran tidak selalu memberikan CPU yang tepat untuk sistem Anda. Beberapa prosesor dirancang untuk motherboard tertentu atau spesifik, sehingga jenis CPU membatasi jenis motherboard yang dapat Anda gunakan.

Untuk PC gaming, Anda benar-benar membutuhkan CPU yang kuat untuk menjadi hebat. Untungnya, CPU ini ditawarkan oleh Intel dan AMD (Advanced Micro Devices) dengan harga yang wajar.

Intel memiliki model Core i7 dan Core i5. Model-model ini adalah model paling populer yang saat ini digunakan untuk tujuan permainan dan umumnya direkomendasikan untuk laptop.

Di sisi lain, AMD memiliki seri Athlon dan Phenom. Jika Anda ingin menggunakan AMD, Anda dapat mencoba seri Phenom X4 yang direkomendasikan.

2. Motherboard

Motherboard adalah pusat dari sistem komputer. Dan hubungkan semua komponen lain darinya. Jika kita menganggap CPU sebagai otak dari sistem komputer, maka motherboard adalah sistem saraf pusat. Oleh karena itu, pembelian lukisan terbaik adalah investasi yang baik.

Setelah memilih CPU, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih motherboard untuk komputer gaming Anda. Ada tiga hal yang harus Anda ingat ketika memilih motherboard.

Pertama, motherboard biasanya hanya mendukung satu jenis prosesor. CPU yang berbeda memiliki konektor berbeda yang sebenarnya berbeda satu sama lain. Pastikan konektor CPU Anda cocok untuk konektor motherboard.

Kedua, tergantung pada model prosesor, motherboard memiliki batas kecepatan tertentu. Kecepatan prosesor maksimum yang diizinkan oleh motherboard akan ditentukan dalam spesifikasi motherboard. Sebelum membeli, periksa apakah motherboard yang dipilih dapat mendukung CPU pilihan Anda.

Ketiga, motherboard dapat menentukan jenis dan jumlah RAM yang dapat Anda miliki. Di mesin game, Anda mungkin ingin mendapatkan DDR SDRAM atau RDRAM senilai setidaknya 1G. Karena itu, pastikan motherboard Anda dapat mendukung jenis dan jumlah memori ini.

Berikut adalah beberapa contoh dari produsen motherboard terkenal di mana Anda dapat menelusuri papan permainan yang sempurna: ASUS, ABIT, MSI, XFX, EVGA, Intel dan Gigabyte.

3. Hard disk

Hard drive adalah komponen komputer yang bertanggung jawab untuk menyimpan file dan program. Saat membeli hard drive untuk komputer Anda, ingatlah tiga fitur utama berikut: kecepatan, ukuran, dan tipe antarmuka.

[Kecepatan] Pada dasarnya, semakin cepat hard drive berputar, semakin banyak Anda dapat mengakses dan mentransfer data. Saat ini, hard drive terbaik yang ada di pasaran saat ini dapat mencapai sekitar 7.200 rpm. Di komputer gaming, Anda tidak menginginkan yang lain, jika tidak, akan menyebabkan penundaan antara membaca dan menulis data.

Hard drive yang lebih cepat dengan 10.000 RPM dan 15.000 RPM tersedia di pasaran dengan harga lebih tinggi. Untuk komputer gaming, hard drive 7200 RPM sudah cukup, tetapi jika Anda dapat menghabiskan lebih banyak, Anda dapat memilih hard drive yang lebih cepat itu.

[Ukuran] Hard drive bervariasi dalam ukuran dari 80GB hingga 500GB atau bahkan lebih besar. Untuk komputer gaming Anda, selalu disarankan agar Anda membeli hard drive terbesar yang dapat Anda beli. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyimpan banyak program